Tujuh Soft Skill Yang Perlu Dimiliki Siswa/Siswi

HumasMTsNI, Kota Bandung-Bertindak sebagai pembina upacara hari Senin (15/1). Bpk. Rusdiono, S.IKom. Menyampaikan amanatnya bahwa siswa/siswi bukan hanya mengejar nilai akademik saja, akan tetapi mengajak merelakan untuk memiliki Soft Skill.

“Tujuan akhir dari pendidikan ialah untuk menghasilkan individu yang cerdas, inovatif, dan memiliki nilai-nilai kompetitif di segala aspek. Bukan hanya untuk mengejar nilai akademik saja, akan tetapi perlu juga untuk meningkatkan soft Skill.”Ujarnya.

Lebih lanjut beliaupun menyebukan bahwa soft Skill merupakan kecerdasan emosional artinya merujuk pada kemampuan untuk berinterakasi secara nayaman dengan orang lain dan merupakan kemampuan yang harus dimiliki pada saat ini.

“Pada era seperti ini, nilai akademik dan hard skill saja tidak cukup. Soft skill menjadi salah satu hal penting yang harus kamu kembangkan dalam kehidupan maupun dunia kerja, setidaknya ada tujuh soft skill yang harus dimiliki.Jika tidak kamu akan kalah saing atau tertinggal dengan orang lain, memangnya kamu mau? Tentunya tidak, bukan”Jelasnya.

Apa Saja tujuh soft skill yang perlu dimiliki?

Kreatif
Kreatif erat kaitannya dengan memunculkan ide-ide baru dan pengaplikasiannya. Kreativitas sangat bermanfaat dalam semua peran dalam suatu organisasi baik dari sumber daya manusia hingga rekayasa perangkat lunak dan layanan pelanggan. Orang-orang yang kreatif dapat mengembangkan ide baru dan menerapkan solusi baru untuk mengatasi masalah yang ada dan ini memungkinkan menjadi peluang untuk kamu berinovasi dan usaha bertumbuh.

Public Speaking
Public speaking itu sendiri adalah suatu kemampuan berkomunikasi efektif di depan banyak audience atau di depan umum. Suatu komunikasi itu bisa disebut efektif jika mampu memberikan penjelasan, pengertian, dan pemahaman serta mampu mempengaruhi pihak pendengar sesuai tujuan

Leadership
Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin untuk orang lain. Ketika dipercaya untuk menjadi pemimpin di lingkungan kelas maupun sekolah. Maka hal tersebut perlu dimanfaatkan untuk bisa melatih jiwa kepemimpinan. Kemampuan memimpin ini meliputi kemampuan beroganisasi, problem solving, serta team management.

Tak hanya sikap bertanggung jawab, pantang menyerah, dan berpikir positif. Kemampuan memimpin pun termasuk menganalisa dan mengidentifikasi sebuah masalah serta mencari penyelesaiannya dengan nalar yang logis, entah oleh diri sendiri maupun mendelegasikan tugas tersebut ke orang lain secara efisien.

Networking
Networking atau kemampuan untuk bekerjasama degan orang lain merupakan soft skill yang perlu dimiliki oleh siswa/siswi. Selain itu, networking kamu juga dapat menjadi cara terbaik untuk berbagi ide dan pengetahuan. Entah sekadar mencari umpan balik atau mendiskusikan sudut pandang yang berbeda. Masalah dan kesulitan yang kamu hadapi juga akan menjadi lebih mudah dengan adanya networking.

Berpikir Kritis
Berpikir kritis menjadi kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa/siswi, berpikir kritis yang dimaksud yakni harus bisa mencerna dan memecahkan masalah dengan kreatif dan efektif.

Kemampuan Belajar Hal Baru
Siswa-siswi perlu juga kemampuan untuk belajar hal baru, mencoba banyak kesempatan baik yang ada. Misalnya juga sudah jago di eskul a maka coba untuk eksplor eskul yang lain. Hal ini perlu dimiliki supaya tidak menjadi orang yang kagetan agak perubahan yang ada

Kecerdasan Emosional
Kecerdasan emosional yang dimaksud meliputi pengelolaan perasaan, pengelolaan emosi, pengelolaan motivasi, sampai pengendalian diri. Berkat bekal kecerdasaan emosional tersebut, dapat membuat kita menyelesaikan pekerjaan secara profesional tanpa harus mengabaikan aspek emosional diri ataupun orang lain. 

Pewarta :Siti Fatonah
Photo Aldika