Jelang Hari Santri Nasional 2023, Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman Menggelar Istighosah Akbar

Humas MTsNI, Kota BandungMenjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Bandung menggelar kegiatan istighosah yang diikuti ribuan siswa dari semua unit untuk doakan kedamaian negeri serta untuk mendoakan saudara-saudara sesama muslim di Palestina. Jumat (20/10).

KH. Shofwan Aly M.Pd, pengasuh PP Nurul Iman yang juga kepala MTs. Nurul Iman Kota Bandung mengatakan bahwa menuju peringatan HSN 2023 YPP Nurul Iman menggelar berbagai kegiatan salah satunya yakni berdoa bersama atau istighosah untuk mendoakan para ulama yang sudah mengupayakan resolusi jihad. 

“Melalui istighosah ini mari kita sama-sama mendoakan para ulama yang sudah berjuang untuk menyerukan resolusi jihad, juga kedamaian untuk negara kita dan untuk saudara-saudara kita di Palestina.”Tuturnya.

Selain itu, pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman.  KH. Khoeruddin Aly, M.Pd mengungkapkan bahwa istighosah ini sebagai penangkal penangkal kedzaliman. Maka beliau pun mengajak para siswa untuk ikut mendoakan warga Palestina yang akhir-akhir keadaannya semakin memanas.

Dalam sambutannya pun beliau mengisahkan mengisahkan mengenai pasukan Nabi Muhammad SAW yang saat itu pasukan muslim kalah secara jumlah dari kaum kafirin.

“Pada perang badar tersebut, jumlah Muslim sangatlah sedikit dari pada lawan hanya 300-an orang sedangkan pasukan lawan dua kali lipatnya. Dalam kondisi tersebut Rasulullah SAW berdoa kepada Allah dengan diaminkan para pengikutnya. Allah pun menurunkan Malaikat hingga yang menjadi kabar gembira dan menenangkan hati kaum Muslim hingga memenangkan perang tersebut.” Tuturnya.

Lebih lanjut, Kiai yang juga pengurus PCNU Kota Bandung inipun menyampaikan bahwa kisah tersebut diabadikan dalam Qs. Al-Anfal ayat 09-10.

Sebagai informasi selain kegiatan istighosah rangkaian HSN 2023 YPP Nurul Iman yakni, Upacara peringatan HSN, Ziarah makam pendiri Nurul Iman, Nurul Iman bershalawat dan nonton bersama.

Pewarta : Siti Fatonah
Gambar/Photo : Ahmad Hamdan